g

ROHANI

PMILA > ROHANI > ARTIKEL

 

Bir Merusak Otak

Bermula dari guyon, akhirnya jadi sungguhan. Amsal orang awak ini menemukan bukti, nun, di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam itu, sebagian remaja kerap bergurau ''membunuh sel otak dengan bir.'' Siapa nyana guyon itu menjadi kenyataan?

Adalah The American Medical Association (AMA) yang melansir ''guyon jadi kenyataan'' tersebut. AMA menyingkapkan gurauan para anak baru gede (ABG) itu dapat sungguh-sungguh menjadi kenyataan bahwa ketagihan menenggak bir dan minuman beralkohol lainnya dapat mematikan sel otak, terutama yang berfungsi untuk belajar, mengingat, dan berpikir kritis.

Temuan terbaru ini, mengutip laporan AMA, laiknya ''kesimpulan'' yang memadukan berbagai riset yang dilakukan selama dua dekade. Selama ini berbagai riset mengenai pengaruh alkohol pada otak gencar dilakukan. Maklum, bir bagi masyarakat di negara adikuasa itu laiknya teh. Petugas di kantor Kesehatan Publik menilai terjadi peningkatan pada remaja yang menggandrungi bir. Di tahun 2000, misalkan, 3,1 juta penduduk berusia 12--17 tahun meneguk alkohol untuk pertama kali.

Temuan ini, bagi sejumlah peneliti, menjadi petunjuk bahwa alkohol dapat merusak sel otak remaja. Apalagi, sel otak cenderung rentan terhadap kerusakan pada masa generasi muda duduk di bangku SLTA dan kuliah. Masa tersebut merupakan prime time bagi alkoholik.

Peneliti menyebutkan bahwa tumbuh kembang sel otak manusia berakhir pada usia lima tahun. Berikutnya merupakan masa menyeleksi dan menata ulang sel otak yang berlangsung hingga usia 20. ''Kita mengetahui masa terkritis sel otak tidak akan mati pada dekade kedua dari kehidupan,'' jelas Prof. Scott Swartzwelder, neuropsikolog dari Duke University, Carolina Utara.

Kerusakan sel otak yang dialami ABG penenggak alkohol ini terjadi pada dua bagian. Pertama, pada hippocampus, struktur bagian dalam otak untuk mengingat dan belajar. Kedua, Bagian depan kulit otak yang menyimpan kemampuan untuk menimbang dan mengambil keputusan.

Temuan tersebut, tak ayal menyingkapkan kebenaran ajaran Islam, mengharamkan alkohol. rh

 


^ KE ATAS


Halaman Muka | Kesehatan | Rohani | Perpustakaan PMILA |  Keluarga | Info Wajib Lapor | Iptek | Serba Serbi LA | Tips and Tricks | Warta Indonesia | Perwakilan Indonesia | Lembar Anggota | Tentang Kami | Kontak Kami

© Copyright 2002-2004, PMILA. All Rights Reserved.